Hanya 11 Parpol Lolos dalam Rekapitulasi Verifikasi Faktual

Hanya 11 partai poltik yang lolos dalam rekapitulasi verifikasi faktual (vertual) terhadap 34 partai politik (parpol) di Provinsi Sumatera Barat. 23 parpol dinyatakan tidak lolos karena tidak memenuhi syarat. Sebagian besar partai yang lolos vertual adalah partai-partai besar dan yang sudah punya kursi di legislatif.

Vertual ini dilaksanakan dalam dua tahapan. Pertama, untuk 16 parpol yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi oleh KPU RI. Kedua, dilaksanakan untuk 18 parpol yang tidak lolos verifikasi administrasi namun dinyatakan berhak mengikuti vertual oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP). Pengumuman terhadap 16 parpol dilaksanakan Senin (24/12) lalu oleh KPU Sumbar, sedangkan untuk 18 parpol diumumkan Kamis (3/12) kemarin.

11 parpol yang lolos adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Demokrat. Selanjutnya, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrasi Indonesia Perjua�ngan (PDI-P), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra.

ketua KPU Sumbar Divisi tekhnis Mufti Syarfie mengatakan untuk dinyatakan lolos, parpol yang bersangkutan harus lolos minimal di 14 kabupaten dan kota di Sumbar.

Vertual yang dilakukan terhadap parpol ini meliputi pengurus, pengurus perempuan, domisili kantor, dan keanggotaan. Bagi parpol yang tidak memenuhi satu pun dari persyaratan ini dinyatakan tidak memenuhi syarat, alias tidak lolos.(tim/Zamrudtv.com)