Jum'at, 10 Agustus 2012, Nasdem Daftar ke KPU

DPW Nasdem se-Indonesia serentak mendaftar ke KPU di provinsi.

Seluruh dewan pimpinan wilayah Partai Nasdem secara serentak menyerahkan dokumen faktual verifikasi Partai Nasdem ke Komisi Pemilihan Umum pada Jumat 10 Agustus 2012 nanti. DPW Nasdem Bali misalnya, akan menyerahkan dokumen sambil berjalan mundur pada pukul 08.00, Jumat nanti.

"Penyerahan berkas akan diikuti sedikitnya 500 anggota dan simpatisan partai. Alasan mengapa saat penyerahkan dokumen partai melakukan jalan mundur, karena langkah ini sebagai bentuk otokritik terhadap negara, termasuk kita juga," kata Oka, Rabu 8 Agustus 2012.

Selain barisan simpatisan dan pengurus partai, pihaknya juga melibatkan pedagang kaki lima serta iring-iringan tujuh kendaraan yang bertuliskan masing-masing diambil dari kata "Ipoleksosbud Hankam". Otokritik tersebut dilakukan lantaran Indonesia belakangan ini menghadapi beragam masalah, utamanya dalam hal kemunduruan memahami ideologi bangsa yaitu Pancasila dan UUD 1945.

Oka Gunastawa menjelaskan, kritik itu bertujuan untuk mengingatkan pemerintah jika telah terjadi kemunduran dalam politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan. "Yang bisa menyetop kemunduran itu adalah KPU dan partai politik itu sendiri. Sebab yang menentukan pemimpin bangsa dari prosesnya adalah KPU dan partai itu sendiri," kata Oka.

"Melalui atraksi ini diharapkan juga pengurus KPU melek dengan situasi politik, tidak terbatas hanya menerima kandidat-kandidat legislatif semata dari parpol. Tapi lebih dari itu, bagaimana melakukan seleksi kandidat tersebut agar berkualitas, sehingga ketika mereka jadi dewan sudah siap dengan permasalahan yang dihadapinya," kata Oka Gunastawa.

Sementara itu, Oka mengatakan, penyerahan dokumen faktual verifikasi Partai Nasdem ke KPU serentak dilakukan secara nasional dengan waktu yang bersamaan, Jumat 10 Agustus 2012 pada pukul 08.00 waktu setempat. "Penyerahkan berkas partai sebagai persyaratan untuk bisa ikut menjadi kontestan pada pemilu mendatang. Untuk di Bali sendiri sudah terbentuk struktur dari tingkat provinsi hingga ke tingkat kecamatan," kata Oka.

Menurut dia, Partai NasDem sendiri secara faktual sudah memenuhi persyaratan untuk ikutserta dalam Pemilu Legislatif 2014. "Yakni struktur kepengurusan yang terbentuk 100 persen di tingkat provinsi, 75 persen di tingkat kabupaten dan 50 persen di tingkat kecamatan," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, melalui penyerahan dokumen tersebut membuktikan pula, bahwa partai yang dibentuk sekitar setahun lalu bisa maju untuk mengikuti pemilu.

Oka mengatakan, untuk di Bali struktur kepengurusan dari tingkat provinsi hingga ke kecamatan telah dibentuk. Persyaratan yang diserahkan kepada KPUD Bali antara lain foto kopi kartu tanda anggota dan kartu tanda penduduk, akta pendirian partai, kelengkapan kesekretariatan termasuk status sekretariat kantor Partai NasDem. (viva.co.id / vivanews)