Diperkirakan 4.5 Juta Suara untuk Pilgubri 2013

Politik, Sebanyak 4.540.925 suara akan meramaikan Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) 2013 mendatang. Diperkirakan dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) akan bertambah sampai bulan Juli 2013.

"Saat ini, kami telah menerima daftar pemilih tetap dari Dinas Kependudukan Riau sebanyak 4,540,925 pemilih, terdapat penambahan sekitar 1, 3 juta pemilih dibandingkan dengan Pilgubri sebelumnya yang hanya 3,2 juta pemilih. Keputusan terakhir berapa jumlah pemilih tetap akan diumumkan pada bulan Juli 2013." jelas Ketua KPU Riau, Edy Sabli kepada MRNetwork.

Katanya, untuk mempersiapakan segala sesuatu yang akan diperlukan dalam melancar Pilgubri nanti, KPU Riau telah berkoordinasi dengan KPU kabupaten dan kota se Provinsi Riau. "Banyak hal telah kami persiapkan mulai dari pembentukan Pokja seperti, pokja peralatan, pokja anggaran, pokja regulasi, pokja pencalonan, pokja penghitungan suara," ujarnya.

Terkait dengan anggaran KPU yang masih rendah, Sabli hanya dapat berharap kepada Pemprov dan DPRD Riau, agar lebih memperhatikan keperluan dana yang diperlukan KPU. Katanya, saat ini KPU hanya mendapatkan dana hibah dari Pemprov sebesar Rp200 juta. Padahal KPU meminta dana sebesar Rp1,7 miliar. (halloriau)