Jejaring Sosial Sebagai Ajang Sosialisasi Kandidat

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memang diakui semakin pesat. Apalagi dengan boomingnya situs jejaring sosial, hal ini membuat berbagai perubahan yang terjadi dalam dunia perpolitikan di tanah air kita Indonesia.

Dapat kita lihat berbagai peristiwa Pemilihan Kepala Daerah yang terjadi di Indonesia dalam beberapa waktu ini. Jejaring sosial facebook menjadi salah satu wadah yang dijadikan para team kandidat Kepala Daerah untuk ajang sosialisasi jagoannya.

Seperti contoh di Provinsi Riau, dimana pada tahun 2013 nanti, akan dilaksanakan Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) periode 2013-2018. Beberapa kandidat telah mulai membuat group melalui di situs jejaring sosial facebook. Melalui team dan para simpatisan mereka berlomba-lomba mengundang para pengguna facebook untuk bergabung dan memberikan komentar-komentar yang dapat membuat masyarakat pengguna jejaring sosial itu simpati.

Ya, tidak salah menggunakan cara-cara internet marketing diterapkan pada ilmu politik apalagi mengenai pengenalan dan meningkat popularitas kandidat yang akan diusung. Dan perlu diingat adalah lakukanlah cara-cara agar tidak terjadi polemik di masyarakat. Apalagi tingkat wawasan dari team yang kurang etikanya, hal ini bisa menimbulkan konflik pribadi. Karena melalui jejaring sosial terlihat jelas pribadi-pribadi yang memberikan komentar/ statement.

Melirik pemilihan Gubernur Riau di tahun 2013 semakin dekat, sudah mulai nampak dan juga diberitakan beberapa nama yang ingin maju dan terlihat ada grupnya di facebook yaitu :
  1. Bang Syam For Gubri
  2. SYAMSURIZAL RIAU PESISIR CENTRE
  3. Pendukung Bpk.Herman Abdullah Menuju Riau 1
  4. LE Semangat Baru Riau
  5. Mambang Mit Centre
  6. DUKUNG BANG JON ERIZAL UNTUK RIAU 1
  7. Bambang Aswandi SE untuk Gubernur Riau 2013
Catatan :
Untuk para team/ simpatisan kandidat/ calon Kepala Daerah diharapkan tidak memberikan pandangan-pandangan negatif kepada masyarakat. Bagaimanapun juga kita semua bersaudara, dan tanggung jawab kita semua seluruh wilayah NKRI ini bersatu.


by Tengku Antonius Sumbara