Pengertian Singkat tentang Hukum

Hukum berkaitan erat dengan politik. Apakah hukum itu?

Definisi Hukum

Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya mengenai hukum. Mereka berasal dari dalam dan luar negeri. Dari dalam negeri misalnya A. Ridwan Halim dan Sunaryati Hartono, sedangkan dari luar negeri ada E. Utrecht dan Leon Duguit.

Ridwan Halim menyatakan, hukum merupakan peraturan-peraturan tertulis maupun tidak tertulis yangberlaku dan diakui orang sebagai peraturan yang harus ditaati dalam hidup bermasyarakat.

Menurut Sunaryati Hartono, hukum menyangkut dan mengatur hubungan manusia dengan manusia lainnya. Dengan kata lain, hukum mengatur kehidupan manusia dalam bermasyarakat.

Utrecht berpendapat, hukum adalah kumpulan peraturan mengenai tata tertib hidup bermasyarakat yang harus ditaati. Pelanggaran terhadap peraturan menimbulkan tindakan dari pemerintah masyarakat tersebut.

Leon Duguit menyatakan, hukum adalah aturan tingkah laku masyarakat yang pada saat tertentu daya gunanya ditaati oleh masyarakat sebagai jaminan dari kepentingan bersama, dan jika dilanggar akan menimbulkan reaksi bersama terhadap pelanggar aturan tersebut.

Dari pendapat para ahi tersebut, dapat disimpulkan bahwa hukum adalah sekumpulan peraturan yang berfungsi mengatur tingkah laku manusia dengan tujuan mencapai ketentraman dan keteraturan dalam bermasyarakat.



Definisi Sistem Hukum

Sistem berasal dari bahasa Yunani “systema”, yang berarti sekumpulan bagian atau komponen yang saling berhubungan secara teratur dan merupakan satu keseluruhan. Sistem terdiri atas bagian-bagian yang saling berhubungan secara teratur. Campbell menyatakan, sistem merupakan kumpulan dari bagian-bagian yang saling berkaitan, bersama-sama berfungsi untuk mencapai tujuan.

Dari penjelasan tersebut, sistem hukum dapat diartikan sebagai sekumpulan dari bagian-bagian yang saling berkaitan dan berfungsi bersama-sama, dimana hukum merupakan bagian dari sistem tersebut. Sistem hukum terdiri dari 7 bagian, yaitu:

1. Asas-asas hukum

2. Norma hukum

3. SDM yang profesional, sadar, dan taat hukum

4. Pranata-pranata hukum

5. Lembaga-lembaga hukum termasuk struktur organisasinya, kewenangannya, proses dan prosedur mekanisme kerjanya

6. Prasarana hukum

7. Budaya hukum



Hukum merupakan hal yang berbeda dengan sistem hukum. Hukum adalah sekumpulan peraturan yang berfungsi mengatur tingkah laku manusia dengan tujuan mencapai ketentraman dan keteraturan dalam bermasyarakat, sedangkan sistem hukum adalah suatu keseluruhan dengan bagian-bagian dimana hukum merupakan bagian dari sistem tersebut.