Hatta Rajasa Diklaim Akan Menang

Banyak kalangan memprediksi Hatta Rajasa memenangi bursa ketua umum dalam Kongres PAN yang dimulai hari ini di Batam. Hatta dinilai lebih unggul dari lawannya, Dradjad Wibowo, dalam banyak faktor.

Pengamat politik dari LIPI, Lili Romli, melihat posisi Hatta sebagai Menko Perekonomian yang didukung menteri-menteri dari PAN merupakan modal politik yang menjadi magnet penarik kader PAN.

"Kecenderungan kader, tapi tidak hanya kader PAN, selalu mencari pimpinan yang sedang berada di kekuasaan," ujar Lili dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (7/1/2010).

Lili tak meragukan kapasitas Dradjad. "Tapi persoalannya, dukungan terhadapnya relatif rendah meski sudah ke daerah-daerah sehingga hasilnya belum optimal. Sementara sosok Hatta sudah lebih dikenal di tingkat kepengurusan pusat hingga ke daerah," katanya.

Namun begitu, seandainya Dradjad tidak menang, Lili berharap Dradjad segera diakomodir untuk mendinamiskan partai dan menghindari perpecahan.

"Meski ada oposisi, setelah pemilihan harusnya sudah selesai. Dia tetap bergabung untuk membesarkan partai, perbedaan menjadi dinamisator," saran Lili.