Tak Bisa Ungkap Skandal Bank Century, Peristiwa 98 Bisa Terulang

JAKARTA - Skandal korupsi mengakibatkan rezim Soeharto runtuh 11 tahun lalu. Kekuatan rakyat (people power) yang besar ketika itu tidak mampu dibendung oleh penguasa yang telah berkuasa selama 32 tahun itu. Lalu apakah aksi demonstrasi besar-besaran ini akan terulang kembali dengan adanya dugaan skandal korupsi Bank Century?

"Bisa jadi, segala kemungkinan bisa terbuka," kata pengamat politik dari Universitas Indonesia Kamarudin saat berbincang dengan okezone melalui sambungan telepon, Minggu (29/11/2009).

Kendati demikian, Kamardin tidak menghendaki kericuhan yang memakan korban jiwa seperti 11 tahun itu terjadi kembali. "Kalau saya bisa menghimbau tidak perlu sampai ke people power, kita kembalikan ke mekanisme yang sudah ada," tuturnya.

Dukungan jutaan pengguna situs jejaring sosial Facebook terhadap Bibit Samad Riyanto dan Chandra M Hamzah, kata dia, semestinya bisa menjadi pelajaran bagaimana hebatnya people power itu. Terlebih jika dukungan di dunia maya itu bisa terbawa ke dunia nyata dalam aksi unjuk rasa besar-besaran.

Oleh karenanya, kasus Century yang menyita perhatian masyarakat ini bisa diungkap secara benar oleh Pansus DPR. Jangan sampai kepercayaan rakyat terhadap dewan tergerus karena tidak bisa mengungkap kasus ini.

"Ini pertaruhan kredibilitas dewan," pungkas Direktur Kemahasiswaan UI ini.